Tiongkok Terima Mi-26TC Keempat

Perusahaan pembuat helikopter Rosctec baru saja menyerahkan helikopter angkut berat Mil Mi-26TC ke pihak pemerintah propinsi Shandong, Tiongkok. Helikopter tersebut akan digunakan untuk dinas kehutanan dalam rangka pengiriman alat berat dan pemadaman api. Penyerahan Mi-26TC ini merupakan tindak lanjut atas penandatanganan kontrak antara Rostec dengan Lectern Aviation Supplies pada tahun 2004, dimana sebanyak empat unit helikopter Mi-26TC dipesan dalam delivery bertahap. Mi-26TC sendiri merupakan varian dari Mi-26T yang telah disesuaikan dengan spesifikasi badan sertifikasi kelaikan udara Tiongkok, mengingat helikopter ini akan digunakan oleh pihak sipil. Mi-26TC keempat ini menampilkan livery merah dengan strip putih.

Baca Juga: Mi-26T vs CH-47, Anda Pilih yang Mana?

Mi-26TC

Mi-26TC ini adalah heli keempat atau pesanan terakhir dari total jumlah yang disepakati. Tiga helikopter sebelumnya masing-masing digunakan Qingdao Helicopter sebanyak dua unit dan satu lainnya oleh China Flying Dragon General Aviation. Helikopter yang diserahkan ini tidak dikirimkan dengan pesawat kargo, saking besarnya ukuran Mi-26TC. Helikopter ini diterbangkan secara ferry dari lokasi pabrik Rostvertol di Rostov-on-Don berlanjut ke Saratov – Uva – Chelyabinsk – Omsk – Novosibirsk – Krasnoyarsk – Bratsk – Chita – Hailar. Diperkirakan perjalanan akan menempuh waktu satu minggu dan helikopter akan tiba pada Minggu, 2 Juli pada waktu setempat.

IMG-20160701-WA0003

Mi-26T telah menemukan pasar di negara-negara yang secara tradisional dekat dengan Rusia. India, Tiongkok, dan Venezuela membeli Mi-26T sehingga Rostec sendiri akhirnya membuka lini baru untuk memproduksi Mi-26T2, varian yang dilengkapi mesin baru dan sistem avionik BREO-26 yang menyediakan sistem display digital, sistem navigasi satelit, dan sistem penerbangan berbasis komputer, serta FDR (Flight Data Recorder) untuk membuatnya sesuai dengan regulasi penerbangan sipil.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *