Laporan Eksklusif BTR-4M dari Ukraina : Penampakannya

Setelah beberapa waktu lalu BTR-4M pesanan Korps Marinir TNI AL mulai menampakkan wujud aslinya, kali ini IndoMIL berkesempatan langsung meliput dari pabrik Kharkiv Morozov Design Building Bureau di Kharkov, Ukraina, bersama dengan kunjungan tim Kementerian Pertahanan RI ke fasilitas produksi KMDB yang melakukan proses manufaktur ranpur amfibi canggih ini dari awal sampai akhir.

Kegiatan pre-shipment inspection sendiri bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh BTR-4M yang dipesan oleh Korp Marinir lengkap, berfungsi baik, dan sesuai spesifikasi yang disyaratkan di dalam kontrak pembelian, karena peranannya yang vital dan beratnya medan penugasan yang akan dijalani. Pemeriksaan kendaraan dilakukan secara serius dan mendetail, dimana seluruh bagian diperiksa fungsinya dan kalau perlu dicoba, tidak semata menerima begitu saja apa yang dikatakan pabrikan. Kalau perlu, fungsi peralatan langsung diminta didemokan di depan tim inspeksi. Tim juga berkesempatan untuk melihat fasilitas produksi milik KMDB, yang merupakan salah satu fasilitas produksi terbesar di Eropa.

Selain kendaraan, seluruh suku cadang, komponen, dan pernak-pernik terkecil sekalipun yang disyaratkan dalam kontrak sudah lengkap jumlah dan jenisnya. Secara umum, proses pre-shipment inspection sendiri berlangsung dengan lancar dan kedua belah pihak menyatakan bahwa seluruh komponen yang dipersyaratkan sudah lengkap. Nah, pre-shipment inspection sendiri hanyalah satu dari rangkaian kegiatan untuk memastikan kehadiran BTR-4M di tanah air tercinta Nantikan terus liputan lanjutan mengenai BTR-4M hanya di IndoMIL!

Indomil_btr1

Indomil_btr2

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *