Inside US Army 75th Ranger : Premier Raid Force

75th Ranger Regiment sebenarnya bukan kesatuan khusus yang asing di telinga. Kiprah mereka bisa disaksikan dalam film Black Hawk Down yang rutin diputar di stasiun televisi, minimal 6 bulan sekali. Dalam film tersebut terasa sekali betapa Ranger dan Delta Force yang kalah jumlah masih bisa menghadapi serbuan ratusan orang dan bertempur dari rumah ke rumah di Somalia dalam misi berbahaya untuk menangkap Mohammed Farrah Aidid.

Sekelumit kisah tersebut merupakan makanan sehari-hari bagi Ranger. Bahaya adalah bagian yang tak terpisahkan, maut yang selalu mengintai adalah kawan, selama misi dan kehormatan negara bisa ditegakkan. Pembaca akan diajak bertualang, mulai dari hikayat Ranger pertama di masa perang Kemerdekaan Amerika Serikat, sampai dengan Ranger sebagai prajurit dengan kemampuan khusus di masa modern. Kisah-kisahnya tersaji dengan detil, memudahkan pembaca memahami seluk-beluk pasukan berkualifikasi lintas udara tersebut.

75th Ranger Regiment, yang sering digambarkan sebagai pasukan khusus ‘kelas dua’ memiliki tradisi yang kaya, misi yang berbahaya serta nyaris mustahil, dan merupakan andalan sebagai QRF (Quick Reaction Force) untuk menyelamatkan pasukan khusus lain yang sudah di ujung tanduk. Saat semua sudah berantakan, panggil Ranger! Pembaca yang ingin mengoleksi edisi khusus ini masih dapat memperolehnya di toko buku Gramedia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *