How Low Can You Go: Legenda Pilot Uji Anatoly Kvochur

Siapa yang tidak ingat atau tidak pernah melihat foto MiG-29 yang jatuh hingga nyaris menimpa kerumunan penonton dalam pameran Paris Air Show 1989? Pilot uji yang menerbangkan MiG-29 tersebut, Anatoly Kvochur, adalah salah satu pilot uji terbaik, dan menjadi legenda di dalam AU Rusia karena keterlibatannya dalam menyempurnakan desain dan manuver dari pesawat tempur Rusia.

Anatoly Kvochur lahir pada 16 April 1952 di Desa Mazurovka, Ukraina. Ketertarikannya dalam dunia aviasi membawanya masuk sekolah tinggi penerbang militer V.M. Komarov di Yeysk, yang diselesaikannya pada 1973. VVS waktu itu menariknya menjadi pilot tempur di GFSG (Group of Soviet Forces in Germany) dimana ia berdinas selama dua tahun lalu direkomendasikan untuk mengikuti sekolah pilot uji yang bergengsi di Zhukovsky. Ia lulus pada 1978 dan masuk ke pabrikan KnAAPO di Komsomolsk on Amur, bertanggungjawab atas pengujian Su-17 selama tiga tahun, sebelum akhirnya pindah ke biro desain Mikoyan Guryevich selama satu dekade.

Momen dramatis saat pilot uji Anatoly Kvochur melontar dengan Zvezda K-36D dari MiG-29 Blue 303
Momen dramatis saat pilot uji Anatoly Kvochur melontar dengan Zvezda K-36D dari MiG-29 Blue 303

Disinilah insiden yang terjadi pada 8 Juni 1989 itu terjadi. Kvochur saat ini memperagakan manuver AoA (Angle of Attack) tumpul pada kecepatan rendah. Segalanya berjalan lancar sampai seekor burung terhisap masuk ke mesin kanan dan menghancurkannya hingga mesin terbakar. Kvochur bertindak cepat dengan mematikan aliran bahan bakar ke mesin kanan dan menyalakan afterburner pada mesin kiri, namun kecepatannya terlanjur rendah dan pesawat menukik tajam. Kvochur berusaha keras untuk mengarahkan MiG-29 tersebut keluar dari jalur penonton, dan di saat-saat terakhir, hanya 2,5 detik sebelum pesawat menyentuh tanah, Anatoly Kvochur menarik tuas eject. Kursi lontar Zvezda K-36D zero-zero ejection seat menyelamatkan nyawanya hingga dia tidak menderita cedera, dan penonton pun tidak ada yang terluka. Pemerintah Soviet menganugerahinya medali Distinguished Test Pilot of The Soviet Union pada 8 Agustus 1990.

Kvochur menerbangkan Su-30LL hanya dua meter dari permukaan landasan  Zhangjiajie Hehua Airport, Maret 2006 (Credit: Wikimedia)
Kvochur menerbangkan Su-30LL hanya dua meter dari permukaan landasan Zhangjiajie Hehua Airport, Maret 2006 (Credit: Wikimedia)

Selepas tahun 1991 Anatoly Kvochur berpindah kerja ke Institut LII sebagai pilot uji merangkap deputi kepala LII mulai tahun 1995. Disinilah ia menguji teknik pengisian bahan bakar di udara untuk keluarga Fulcrum dan Su-27/30 Flanker, suatu fitur yang banyak diminta oleh pembeli Flanker dari negara lain di luar Rusia. Kvochur juga menguji beragam manuver tempur yang membawa pesawat tempur sampai ke batas-batas kemampuannya. Pada 17 November 1992 ia dianugerahi medali Hero of The Russian Federation.

Anatoly Kvochur sendiri pernah mampir ke Indonesia, pada saat Rusia mempromosikan Su-27 kepada pemerintah Orde Baru. Menerbangkan Su-27PD Bort 598, Kvochur terbang dengan rute Zhukovsky-Sharjah-Colombo-Jakarta pada bulan Juni 1996 berbarengan dengan Indonesia Air Show (IAS) 1996. Didukung oleh pesawat tanker Il-76, Kvochur menyelesaikan penerbangan tersebut dengan baik, dan secara total sudah melakukan misi muhibah tersebut sebanyak lima kali. Yang lebih gila, Anatoly Kvochur bahkan pernah menerbangkan Su-27 yang sama dari Zhukovsky ke Kutub Utara lalu kembali lagi dengan memakan waktu 11 jam 31 menit tanpa beristirahat.

Pada Desember 1996, Anatoly Kvochur dipromosikan menjadi Presiden dari Flight Research Centre (FRC). Kvochur melaksanakan berbagai uji terbang dalam bidang ergonomi dan sistem navigasi berbasis satelit GLONASS, yang kemudian banyak dipakai dalam bidang komersial. Pengujian tersebut melibatkan penerbangan jarak sangat jauh, lebih dari sepuluh jam dengan pengisian bahan bakar cadangan. Berdasarkan pengalamannya tersebut, Kvochur juga mendesain konsep glass cockpit untuk keluarga Flanker. Saat ini Anatoly Kvochur menjabat sebagai Deputi Direktur I dari Gromov LII Flight Research Institute, kepala LII Flight Test Centre, dan Presiden dari Flight Research Centre.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *