HK417A2 yang Menggelora

HK
HK

Pada 2013 pabrikan HK memperkenalkan hasil penyempurnaan HK417 yang disebut HK417A2. Sejumlah temuan user di lapangan rupanya memaksa HK untuk melansir sejumlah perbaikan yang cukup fundamental. Maklum saja, sejumlah pesaing sudah mengintai di tikungan. Sebut saja Lewis Machine Tools L129A1 atau LaRue OBR (Optimized Battle Rifle), keduanya menawarkan performa di kelas yang setara dengan harga yang cukup setengahnya. HK417A2 dilepaskan ke pasaran tepat untuk mengganjal kedua pesaingnya tersebut.

Perubahan yang mendasar adalah perombakan pada tabung gas, dimana kini diperkenalkan kenop pengatur aliran gas, termasuk untuk setelan peredam suara. Banyak pengguna mengeluhkan HK416 dan 417 yang mengalami masalah selektor gas yang berubah sendiri setelannya akibat getaran tolak-balik. Oleh karena itu, tuas pengatur setelan gas yang tadinya ada di handguard sisi kanan kini ditaruh tepat di ujung tabung gas, seperti banyak senapan serbu dengan fitur pengaturan aliran gas lainnya. Karena ujung tabung gas kini dihuni regulator aliran gas, maka untuk tiang pejera lipat tidak lagi bisa dipasang di sana, dan digantikan dengan pejera lipat dengan QD mount.

Beberapa ubahan kosmetik untuk mempermudah pengoperasian juga ditekankan HK disini, seperti tombol rilis bolt di sebelah kiri yang kini diperbesar sampai melewati garis batas receiver atas dan bawah, serta dibuatkan lis atau pagar pelindungnya, untuk memudahkan pengoperasian dengan sarung tangan. Pistol grip juga dibuat baru, dengan lekukan yang lebih ergonomis, dan bagian bawahnya bisa dibuka untuk kompartemen penyimpanan. Trigger guard dibuat lebih melengkung, lagi-lagi mendukung pengoperasian dengan sarung tangan.

Modifikasi lainnya adalah desain sistem rel untuk handguard yang benar-benar baru. Sekarang ada perbedaan antara Handguard HK417A2 laras 13” dan 16” dengan yang 20”. Varian HK417A2 20” menampilkan sistem rel yang tidak memanjang sampai ke ujung, dimana rel arah jam 3,6, dan jam 9 kini dibuat hanya sampai setengah panjang laras, untuk menghemat bobot. Di dalam handguard, HK juga mengimplementasikan mur pengikat laras (castle nut) yang lebih besar, karena ada kecenderungan laras pada HK417 kehilangan kesejajaran akibat terbentur benda keras. HK sendiri juga memperkenalkan HK269, pelontar granat 40mm dengan kit lengkap yang dipasang ke rel bawah HK417A2 dan pembidiknya berupa leaf sight bisa dipasang ke rel di sisi atas. HK269 sendiri merupakan pengembangan dari AG36, dimana fitur barunya adalah laras pelontar granat yang bisa dibuka ke kanan atau ke kiri, sesuai preferensi dari penembak.

Bagian popor juga dirombak total, dimana popor HK417A2 kini jauh lebih kurus dibandingkan dengan HK417 original. Bentuk popornya benar-benar slim, dengan sandaran pipi tubular mengikuti extension tube HK417A2. Bagian sisi miring di bawah dibuat berkontur untuk mendukung genggaman tangan pada saat tembak runduk. Kalau mau popor yang lebih baik untuk tembak jitu, ya siap-siap rogoh kocek lagi untuk beli parts opsional dari HK yang memiliki sandaran pipi yang bisa disesuaikan dan bantalan bahu (buttpad). Yang paling seksi tentu saja laburan warna baru RAL8000 yang mengacu ke warna Flat Dark Earth, tetapi bila disinari cahaya akan menampilkan kemilau seperti emas. Paduan antara warna lower receiver dan handguard/ foregrip emas dengan upper receiver yang flat dark earth benar-benar seksi, sayang jika harus dilabur dengan cat kamuflase. HK kelihatannya juga menawarkan skema RAL8000 ini ke seluruh lini produk HK, mulai dari pistol sampai dengan senapan mesin. Yang jelas, baik HK417 maupun HK417A2 sama-sama memiliki kemampuan OTB (Over The Beach) alias bisa dioperasikan dengan aman begitu keluar dari dalam air.

SPEK HK417A2
Kaliber : 7,62x51mm
Mekanisme : gas operated
Kapasitas magasen : 10/20 butir
Kecepatan tembak : 600 peluru/ menit
Panjang : 824/904mm (13”); 914/ 994mm (16,5”); 1.002/ 1.082mm (20”)
Lebar : 78mm
Panjang laras : 13 inci/ 16,5 inci/ 20 inci
Bobot : 4,22kg (13”)/ 4,4kg (16,5”)/ 4,74kg (20”)
Bobot magasen : 0,16kg

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *